Cari Oleh-Oleh Rendang Di Bandara Internasional Minangkabau, Ini Kisaran Harganya

By | October 10, 2016

PADANG, KOMPAS.com – Rendang. Masakan khas tanah Minang ini begitu melegenda. Rendang bagaikan tali-tali dari berbagai etnis yg membentuk simpul erat dalam hal urusan kuliner Nusantara. Dari etalase kaca Warung Nasi Ampera hingga Rumah Makan, rendang jadi menu suguhan wajib.

CNN pun tidak segan-segan menobatkan rendang menjadi salah sesuatu kuliner terlezat di dunia. Obat rindu dari wilayah adat matrilineal ini tentunya mampu didapatkan sepulangnya berlibur. Salah sesuatu tempat yg menyediakan oleh-oleh rendang mampu ditemui di Bandara Internasional Minangkabau.

Rendang yg dijual di bandara beragam. Ada rendang basah dan rendang kering. Ada rendang telur, rendang paru, ada juga rendang runtiah yg berupa daging yg disuwir-suwir.

Salah sesuatu penjual oleh-oleh rendang di Bandara Internasional Minangkabau, Tiara (23) menyampaikan rendang adalah salah sesuatu yg diminati oleh wisatawan selain keripik balado. Rendang bagi oleh-oleh dapat bertahan selama 3-6 bulan.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Salah sesuatu tempat yg menyediakan oleh-oleh rendang bisa ditemui di Bandara Internasional Minangkabau.

“Bentuknya ada yg plastik dan kotak. Ada ukuran 200 gram sampai 500 gram,” kata Tiara kepada KompasTravel ketika ditemui di Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, Jumat (7/10/2016).

Rendang telur merek Ghifari dengan kemasan plastik dibanderol dengan harga Rp 15.000. Sementara rendang kering merek Yolanda kemasan kotak ukuran 200 gram dijual Rp 22.000.

“Untuk rendang basah merek Yolanda ukuran 250 gram harganya Rp 60.000. Ukuran 500 gram harganya Rp 100.000, Rendang Runtiah Yolanda 200 gram Rp 60.000, rendang paru Yolanda 200 gram Rp 60.000,” jelasnya.

Penjual oleh-oleh rendang lainnya di Bandara Internasional Minangkabau, Tina menyebutkan rata-rata rendang yg dijual berbahan dasar daging sapi. Adapun merek oleh-oleh rendang yg biasa ditawarkan di bandara adalah Yolanda dan Christine Hakim.

“Rata-rata banyak yg cari rendang basah. Tapi di sini sebenarnya harganya gak beda jauh dengan toko-toko di luar bandara,” ujar Tina ketika ditemui KompasTravel di kesempatan yg sama.

Toko oleh-oleh di Bandara Internasional Minangkabau buka sekitar pukul 06.00 WIB dan tutup setelah penerbangan terakhir sekitar pukul 21.00 WIB. Terdapat sekitar lima toko rendang di Bandara Internasional Minangkabau.

Sumber: http://travel.kompas.com