Liburan Ke Tokyo, Coba 4 Aktivitas “Anti-mainstream” Ini

By | October 11, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan rahasia lagi, Jepang sedang digandrungi turis Indonesia. Tiket pesawat ke Jepang dijual dengan harga miring, apalagi di pameran wisata seperti Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016 yg tengah berlangsung di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta. 

Pada hari pertama pameran, Jumat (7/10/2016), booth pariwisata Jepang sangat ramai pengunjung. Selain booth Japan National Tourism Organization (JNTO), ada juga booth beberapa perfektur antara yang lain Sakai, Tochigi dan tentunya Tokyo.

Hiroshi Murakawa, perwakilan dari agency AAB Indonesia yg menaungi pariwisata Tokyo menyambut KompasTravel dengan ramah. Dia menjelaskan, Tokyo memang menjadi tujuan penting wisatawan Indonesia.

“Hampir segala turis Indonesia yg tiba ke Jepang, pasti mengunjungi Tokyo,” tutur Hiroshi di sela-sela GATF 2016, Jumat (7/10/2016).

Beberapa tempat mainstream yang dikunjungi turis Indonesia antara yang lain Disneyland, Harajuku, Ginza, juga Tokyo Skytree.

“Beberapa taman seperti Shinjuku Gyoen dan Ueno Park juga jadi favorit. Tiap taman di Tokyo milik pohon sakura, sangat indah ketika pertengahan Maret hingga April,” papar Hiroshi. 

Wajar saja bila Anda menyambangi dua tempat yg disebutkan Hiroshi tadi. Namun buat yg berkunjung ke Tokyo dalam jangka waktu lama atau mulai menyambangi ibu kota Jepang itu bagi yg kesekian kalinya, cobalah lakukan dua aktivitas antimainstream.

“Tentu banyak hal yg tak biasa buat dikerjakan di Tokyo. Misalnya, mengunjungi Robot Restaurant di Shinjuku,” tutur Hiroshi.

Sesuai namanya, Robot Restaurant adalah restoran dan pub bertema robot. Terletak di Distrik Kabukicho, restoran ini diperuntukkan orang dewasa karena ada pertunjukan dance dari perempuan yg mengenakan aneka kostum.

“Bagian dalam Robot Restaurant juga sangat instagenic sehingga memberikan pengalaman baru dalam wisata kuliner,” tambah Hiroshi.

Aktivitas anti-mainstream kedua adalah berkunjung ke Miraikan, alias The National Museum of Emerging Science and Innovation.

“Jepang terkenal sebagai negara pendiri teknologi. Di museum ini, kalian dapat melihat teknologi paling canggih dan terbaru dari Jepang. Museum ini sangat diminati bahkan oleh warga Jepang sekali pun,” papar Hiroshi. 

CNN.COM Miraikan Museum, Tokyo.

Aktivitas keempat yg dapat dikerjakan adalah mengunjungi Ghibli Museum. Museum tokoh Jepang nan lucu ini terletak di Kichijoji Avenue, dekat dengan Inokashira Park. 

Terakhir, wisatawan mampu melihat segera pertunjukan sumo. Salah sesuatu tempatnya adalah Ryogoku Kokugikan.

“Lokasinya di dekat Tokyo Skytree. Jadi usai melihat pemandangan dari dek observasi, mampu mampir bagi melihat sumo asli Jepang,” tambah pria asli Tokyo itu.

Sumber: http://travel.kompas.com