Resep Asli Saus Bolognese Ternyata Tanpa Rempah Khas Italia

By | November 13, 2016

KOMPAS.com – Meski telah menjadi sajian yg mendunia, nyatanya Anda tidak mulai mendapati spaghetti bolognese di negara asalnya yakni Italia. Di negara tersebut, sajian paling mirip spaghetti bolognese adalah Ragu alla Bolognese. Ragu adalah sebutan buat saus daging yg biasa dimasak berjam-jam lamanya.

Ragu alla Bolognese juga tidak disajikan dengan spaghetti, melainkan tiga macam pasta yakni tagliatelle, tortellini atau gnocchi. Hal itu dikemukakan oleh Monica Cesarato, food blogger sekaligus pelaku operator tur berbasis kuliner dalam artikelnya yg dimuat di situs The Local.

Selain itu, Antonio Carluccio, koki yg didaulat sebagai pakar gastronomi Italia, dalam situs Telegraph, Senin (10/10/2016), mengaku kaget saat pertama kali tiba ke London dan menyambangi restoran Italia. 

“Di restoran tersebut ada spaghetti bolognese, yg faktanya tak ada di negara asalnya. Di Italia, cuma ada tagliatelle bolognese yg terbuat dari tagliatelle dan bolognese tanpa rempah apa pun,” tutur Antonio.

Tagliatelle adalah pasta yg berasal dari wilayah Emilia-Romagna dan Marche. Pasta ini berbentuk pita pipih yg mirip dengan fettuccine, dengan lebar sekitar 6,5 mm-10 mm.

THINKSTOCK Tagliatelle, salah sesuatu varian pasta ala Italia.

Saat membuat spaghetti bolognese yang populer ketika ini, orang cenderung menambahkan rempah dan bumbu khas Italia terutama basil (sejenis kemangi).

“Ketika Anda memikirkan masakan Italia, Anda akan memasukkan rempah dan bumbu seperti oregano, kemangi, bawang putih, peterseli. Padahal tak seharusnya begitu,” paparnya. 

Antonio, yg kini berusia 79 tahun pernah membahas tentang ‘perlakuan yg tak wajar’ terhadap spaghetti bolognese dengan para koki ternama lainnya. Massimo Bottura, kepala koki restoran bintang tiga Michelin yakni Osteria Francescana berkata bahwa ada dua versi ‘gila’ dari spaghetti bolognese.

THINKSTOCK Spaghetti Bolognese

Koki restoran lainnya yg berbintang Michelin, Alfredo Tomaselli menyampaikan bahwa orang Inggris sama sekali tak tahu soal pasta dengan saus bolognese yang asli. Restoran tempat Alfredo bekerja terletak di Roma dan menjadi langganan para selebriti seperti George Clooney.

Padahal, Ragu alla Bolognese adalah saus yg sederhana. Resep aslinya cuma terdiri dari daging sapi, daging babi asap, bawang bombay, wortel, seledri, pasta tomat, anggur putih, dan susu.

Jadi mampu dibilang bumbu yg dipakai cuma bawang bombay. Para pakar kuliner Italia kemudian mendebatkan pasta macam apa yg paling tepat menjadi ‘pendamping’ Ragu alla Bolognese. Tagliatelle adalah jawabannya.

(Baca juga: Jangan Nekat Pesan Spaghetti Bolognese Saat di Italia)

Sumber: http://travel.kompas.com