Menikmati Seni Shadowgraph Di Jepang

By | November 14, 2016

KOMPAS.com – Museum Forest of Shadows Art Kofu didirikan di Ngarai Shosenkyo, Jepang pada tahun 1992 oleh seniman shadowgraph terkenal dunia, Fujishiro Seiji.

Museum ini adalah museum shadowgraph pertama di dunia seperti tercatat dalam buku rekor Guinness Book pada tahun 1994. Jika anda memasuki ruang pameran shadowgraph di lantai bawah tanah, anda pastilah terkejut betapa gelap ruangannya.

Namun kemudian mulai muncul cahaya lembut dengan warna-warna indah dari kegelapan. Peri-peri kecil dan hewan-hewan muncul dalam bentuk siluet sambil menari dan bernyanyi riang dalam cahaya.

Gambar-gambar yg fantastis dan menakjubkan dengan cahaya dan bayangan membuat pengunjung merasa hangat di dalam.

BARRY KUSUMA Museum Forest of Shadows Art Kofu didirikan di Ngarai Shosenkyo, Jepang.

Ada pula pameran rutin yg menampilkan lebih dari 30 karya seni oleh Yamashita Kiyoshi, yg disebut sebagai Van Gogh yang berasal Jepang dan 25 karya seni oleh seniman jenius dari masa Taisho Takehisa Yumeji.

Walaupun Yamashita Kiyoshi terkenal karena karya mosaik kertasnya, lukisan memakai pulpen yg dia untuk juga tampak luar biasa di Museum Forest of Shadows Art Kofu. Anda pastilah terkejut dengan tekniknya mengekspresikan bentuk dan bayangan objek cuma dengan titik dan garis halus.

Karya seni oleh Takehisa Yumeji, potret wanita langsing bermata besar, tetap menarik perhatian manusia modern dengan suasana yg sentimental dan halus. Ditambah lagi, ada pameran khusus berbagai karya seni yg dijadwalkan sepanjang tahun.

Museum ini beralamat di 1035-2 Takanari-cho, kota Kofu. Dapat dicapai melalui Chuo Expressway, jurusan Kofu-Showa IC. Bisa pula melalui jalur penting JR Chuo jurusan stasiun Kofu. Jalur bus juga tersedia.

Mengendarai mobil memakan waktu 40 menit dari Kofu-Showa IC, jalur Chuo Expressway. Mengendarai taksi memakan waktu 30 menit dari Stasiun Kofu setelah menumpang jalur penting JR Chuo.

BARRY KUSUMA Museum Forest of Shadows Art Kofu didirikan di Ngarai Shosenkyo, Jepang.

Museum ini buka setiap hari sepanjang tahun dimulai pukul 09.00 hingga 17.00. Pengunjung dikenakan biaya masuk 800 yen buat dewasa, 500 yen buat siswa SMP dan SMA, 400 yen bagi siswa SD dan 200 yen buat anak TK.

Fasilitas yg disediakan di Museum Forest of Shadows Art Kofu termasuk jalan buat para penyandang disabilitas berkursi roda, tangga dengan pegangan, parkir khusus pengunjung berkursi roda, kamar kecil untuk pengguna kursi roda, pintu otomatis yg lebar dan kursi roda yg mampu disewa. (BARRY KUSUMA)
Sumber: http://travel.kompas.com