Ingin Belajar Tentang Jamu? Catat Ragam Acara Festival Jamu 2016

By | November 14, 2016

SUKOHARJO, KOMPAS.com – Jawa Tengah sebagai salah sesuatu provinsi di Indonesia yg memiliki banyak industri jamu kembali mengadakan Festival Jamu di 2016. Dalam festival yg sudah lima kali diselenggarakan tersebut, wisatawan tidak cuma dimanjakan oleh ratusan macam jamu dengan khasiatnya dari berbagai daerah.

Menghadirkan lebih dari 50 penggiat industri jamu, wisatawan mampu menjelajahi dunia jamu. Penyelenggara memfasilitasi talkshow, konsultasi, pengajaran, hingga tiba segera ke desa sentra industri jamu di Kabupaten Sukoarjo.

Festival Jamu tahun ini memang diselenggarakan di Sukoharjo yg terkenal dengan sentra industri jamu. Ratusan macam jamu bisa ditemukan dan dicoba di masing-masing stan dari tiap daerah di Jawa Tengah.

“Tahun ini kami semakin ingin mengembangkan jamu dan mendekatkannya dengan masyarakat. Tak cuma pahitnya saja, kini jamu juga terkenal sebagai terapi, bahkan kecantikan. Semuanya bisa dinikmati di sini (Festival Jamu 2016),” ujar Prasetyo Ariwibowo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, kepada KompasTravel di acara tersebut, Jumat (11/11/2016).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Stand daerah Wonogiri yg memperlihatkan berbagai macam jamunya dalam Festival Jamu 2016.

Selain pameran jamu, herbal dan tanaman obat, terdapat juga demo pembuatan jamu di berbagai stan. Berbagai macam jamu dari daerah-daerahnya mampu dilihat cara pembuatannya. Wisatawan pun bisa mengikuti famtrip ke sentra, pasar, dan desa wisata Jamu di Sukoharjo.

Penyelenggara menyediakan pojok konsultasi yg mampu dimanfaatkan buat menggali pengetahuan tentang jamu. Anda bisa berkonsultasi seputar penyembuhan penyakit dengan jamu, hingga konsultasi industri jamu.

Salah sesuatu yg berbeda dengan tahun kemarin ialah, festival kali ini dipadukan dengan kuliner tradisional. Bahkan salah sesuatu rangkaian acaranya terdapat Festival Cabuk Rambak, kerupuk kulit yg tersohor salah satunya dari Jawa Tengah.

Tidak ketinggalan hiburan-hiburan dari pagelaran seni budaya daerah turut meramaikan panggung besar Festival Jamu dan Kuliner 2016.

Sumber: http://travel.kompas.com