Mengenang Raja Thailand, Festival Lentera Akan Digelar Di Ko Phangan

By | November 15, 2016

KOMPAS.com – Festival lentera Loy Krathong adalah tradisi yg digelar masyarakat Thailand pada malam bulan purnama bulan ke-12 (November). Tahun ini, Loy Krathong jatuh pada 14 November 2016.

Festival lentera ini digelar di berbagai kota, termasuk Bangkok. Namun, kota terbaik buat menikmati Loy Krathong adalah Chiang Mai yg terletak di utara Thailand.

Pada 15 November 2016, wisatawan juga dapat melihat festival Loy Krathong yg digelar di Ko Phangan. Pulau cantik di Provinsi Surat Thani ini menjadi tempat digelarnya Loy Krathong buat mengenang mendiang Raja Thailand, Bhumibol Abdulyadej.

Mengutip situs resmi Tourism Authority of Thailand (TAT), Sabtu (12/11/2016), Ko Phangan adalah pulau yg terkenal dengan event Full Moon Party. Namun tahun ini, Loy Krathong mulai digelar dengan tajuk “Full Moon for the King”.

Pada 15 November 2016 akan pukul 19.00 waktu setempat, wisatawan dapat melihat upacara yg diadakan para biksu dilanjutkan oleh candle light ceremony. Ada pula upacara pembukaan Full Moon for the King.

Acara mulai berlangsung hingga sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Acara ini disebut-sebut mulai menarik sekitar 5.000 turis.

Loy Krathong tahun ini adalah momen luar biasa yg tidak boleh terlewatkan. Soalnya, mulai ada fenomena supermoon pada hari digelarnya Loy Krathong yakni 14 November.

Pada momen itu, jarak bulan terhadap bumi adalah yg terdekat sejak tahun 1948. Bulan mulai tampak 14 persen lebih besar, dan 30 persen lebih terang dibanding biasanya.

Sumber: http://travel.kompas.com