Belanja Murah Di Seoul, Coba Mampir Ke Pasar Namdaemun

By | November 16, 2016

SEOUL, KOMPAS.com – Mau cari sayur, ikan segar, pakaian, sampai oleh-oleh seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, kipas seluruh ada di Pasar Namdaemun. Pasar ini yaitu pasar tradisional terbesar dan terlengkap di Seoul, ibu kota Korea Selatan.

“Namdaemun ini adalah pasar tradisional tertua di Seoul. Sudah ada sejak zaman kerajaan Joseon, kira-kira 500 tahun lalu. Di sini terkenal dengan barang-barangnya yg murah dan dijual wholesale (borongan),” kata pemandu lokal, Park Sung Yi  ketika acara famtrip 2016 Halal Restaurant Week Fam Tour oleh Korea Tourism Organization, Senin (14/11/2016).

Bentuk Pasar Namdaemun seperti blok dengan pembagian gang yg berdasarkan kategori barang. Misalkan blok pakaian dewasa, blok pakaian anak-anak, blok makanan kering, blok restoran, blok toko kelontong, dan masih banyak lainnya.

Kompas.com/Silvita Agmasari Pasar Namdaemun, Seoul, Korea Selatan

Berbelanja di Pasar Namdaemun ini adalah pengalaman yg luar biasa. Sebab di pasar ini, ada beragam macam barang yg dijual. Selain itu juga ada aneka jajanan kaki lima khas Korea Selatan yg menggoda selera.

Soal harga, Pasar Namdaemun ini sangat bersahabat. Tak sampai sesuatu jam, aku telah berhasil memboyong koper ukuran XL yg dihargai 60.000 won atau setara Rp 720.000 dan jaket musim dingin yg dihargai 10.000 won atau setara Rp 120.000, ada lagi rumput laut kering, juga akseksoris handphone yg aku beli di pasar ini.

Bukan cuma aku yg telah kalap berbelanja. Teman perjalanan aku yg rata-rata perempuan juga telah tidak kuasa menahan napsu belanja di Pasar Namdaemun. Sedangkan para pria, justru kalap jajan jajanan kaki lima khas Korea Selatan.

Kompas.com/Silvita Agmasari Pasar Namdaemun, Seoul, Korea Selatan

“Di sini dapat ditawar, tetapi sangat sulit turun harga,” kata Sung Yi kepada saya. Memang benar, banyak penjual di Pasar Namdaemun yg sudah melabeli barangnya dengan harga pas sehingga tidak bisa ditawar. Ada pula penjual yg mampu ditawar meskipun tidak mampu turun harga dengan drastis.

Satu hal yg membuat pengalaman berbelanja di Pasar Namdaemun begitu menyenangkan adalah para penjual yg ramah dan melayani pembeli dengan sepenuh hati. Tak jarang ada penjual yg bisa berbicara Bahasa Melayu. Hal ini terjadi karena banyak wisatawan dari Indonesia dan Malaysia.

Pasar Namdaemun berlokasi di Namdaemunsijang, daerah pusat kota Seoul. Buka dari pukul 09.00-17.00 setelah gerai tutup, giliran makanan jalanan khas Seoul yg buka di Pasar Namdaemun sampai malam hari.

Uniknya, Pasar Namdaemun tutup setiap hari Minggu. Jadi pastikan seandainya Anda ingin merasakan belanja murah dengan pengalaman pasar tradisional khas Korea Selatan yg autentik datanglah di hari Senin sampai Sabtu ke Pasar Namdaemun.

Kompas.com/Silvita Agmasari Pasar Namdaemun, Seoul, Korea Selatan

Sumber: http://travel.kompas.com