Liburan Akhir Pekan, Yuk Ke Banyuwangi

By | September 24, 2016

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Jika bingung mulai menghabiskan libur akhir pekan, tak ada salahnya anda mampir ke Banyuwangi, Jawa Timur, karena selama akhir minggu ini ada dua acara yg digelar di kabupaten yg terkenal dengan julukan “Sunrise of Java” itu.

Agenda yg mulai diusung pada Sabtu (24/9/2016) adalah Festival Mainan Anak Tradisional, Lalare Orkestra Concert dan Festival Arung Kanal Decorative Boat. Sabtu pagi, anak-anak Banyuwangi mulai bermain dalam sebuah festival permainan anak tradisional.

Mereka mulai bermain layang-layang, egrang, congklak, gobag sodor, gasing, hulahop, entik, dagongan di Taman Blambangan Banyuwangi, dimulai pukul 08.00 WIB. Festival yg masuk tahun kedua ini menjadi ajang memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak dengan harapan mereka mampu kembali memainkan secara kelompok.

Malam harinya, wisatawan mampu menyaksikan konser seniman cilik Banyuwangi yg tergabung dalam Lalare Orchestra Concert. Kelompok musik ini berhasil meraih penghargaan tingkat dunia dari Pacific Asia Travel Association (PATA) kategori heritage and culture.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Salah sesuatu sudut E Park Banyuwangi yg menyediakan klinik taman hias.

Sebanyak 100 anak dari berbagai tingkatan sekolah dasar dan SMP di Banyuwangi mulai memainkan beragam alat musik khas Banyuwangi dalam sebuah orkestra yg menarik di Gedung Seni Budaya Banyuwangi. Mereka mulai membawakan berbagai genre akan musik dangdut, pop, blues, dan lagu dari Madura.

Sementara itu seandainya ingin merasakan atmosfer berbeda, wisatawan mampu menikmati tradisi unik beberapa tahunan yg digelar di wilayah Selatan Banyuwangi merupakan Festival Arung Kanal Decorative Boat yg digelar pada Sabtu malam.

Festival perahu hias tersebut telah menjadi tradisi masyarakat Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo yg mulai digelar pada Sabtu malam. Uniknya, lomba perahu hias ini tak dikerjakan di laut, melainkan di sebuah sungai besar yg mengalir membelah desa ini. Dalam festival ini, puluhan perahu hias mulai melintas di tengah sungai.

Bagi Anda pecinta kopi dapat mengikuti Perayaan Hari Kopi Sedunia yg berlokasi di Rest Area Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin. Hari Sabtu (24/9/2016), akan pukul 06.00 mulai ada pembagian kopi gratis kepada wisatawan yg baru turun dari Kawah Ijen serta edukasi budidaya tanaman kopi dan edukasi penyeduhan kopi.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Peserta Festival Layang Layang sedang menerbangkan layang-layang di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (7/8/2016).

“Untuk hari pekan ada dialog pariwisata, workshop batik serta dialog UMKM dan produk unggulan Banyuwangi,” kata Kisma Donna, koordinator acara kepada KompasTravel, Kamis (22/9/2016).

“Semuanya free, bebas,” tambahnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda kepada KompasTravel menyampaikan Kabupaten Banyuwangi secara konsisten mulai selalu mengangkat kearifan lokal.

Ia mencontohkan festival arung kanal yg belum banyak yg mengenal padahal seandainya dikelola dapat menjadi aset pariwisata yg luar biasa. “Wisatawan yg tiba dapat memilih agenda wisata mana yg disukai. Sekali tiba ke Banyuwangi pasti ingin kembali,” kata Bramuda. 

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam.

Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Catat, 6 Tips “Selfie” Saat Liburan ala “Take Me Anywhere 2”

 

Sumber: http://travel.kompas.com