Konferensi Gastronomi Digelar November Mendatang

By | September 25, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Tourism, Gastronomy Destination and International Conference (TGDIC) bersiap digelar buat pertama kalinya di Jakarta Convention Centre, 14-15 November 2016.

Acara yg membahas gastronomi dan pariwisata ini diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dengan tujuan memberi masukan buat dunia pariwisata dan wadah rapat para akademisi, pelaku wisata, dan pemerintah.

“Di Indonesia istilah gastronomi tourism memang belum dikenal tapi menjadi keunggulan kami kalau ini dikembangkan. Gastronomi tourism tujuan penting wisata adalah kuliner dan budaya. Kita sebenarnya sudah memiliki itu, makanan dengan filosofi. Ini yg belum kalian garap. Kita harap dengan adanya TGDIC ada yg mampu diaplikasikan. Berharap dengan ini targetnya TGDIC merekomendasikan yg dapat dilaksanakan oleh industri atau product development,” kata Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata, Lokot Enda di Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Selama beberapa hari penyelenggaraan TGDIC mulai menghadirkan pakar di bidang gastronomi dan pariwisata dari Indonesia, Thailand, Swiss, Inggris, dan Malaysia. Diprediksi ada 300 orang yg mulai hadir di acara TGDIC.

SERAMBI/M ANSHAR Panitia memasak kuah beulangong (gulai daging) buat dibagikan kepada warga pada pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Lam Geulumpang, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Minggu (24/2/2013). Kuah beulangong yaitu salah sesuatu kuliner khas Aceh Besar yg biasanya dihidangkan pada pesta perkawinan dan hari-hari besar keagamaan.

“Ini adalah rangkaian dari usia kalian (STP Trisakti) yg ke 47 tahun, mengingat pemerintah menjadikan pariwisata sebagai program unggulan kami harus mendukung pemerintah. Ini juga diselenggarakan agar pendidikan di Indonesia semakin maju tidak tertinggal dengan negara lain,” kata Vice President for Academic Affairs STP Trisakti, Dr Chondro Suryono.

Hasil dari TGDIC diharapkan adanya jurnal yg mampu dimuat di publikasi internasional, buat semakin mengukuhkan gastronomi Indonesia di dunia internasional dan memberi masukan buat kemajuan gastronomi di tanah air.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam.

Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Catat, 6 Tips “Selfie” Saat Liburan ala “Take Me Anywhere 2”

Sumber: http://travel.kompas.com