Lihat Panda Tak Perlu Jauh Ke China, Di Thailand Juga Ada

By | September 25, 2016

CHIANG MAI, KOMPAS.com – Panda adalah hewan endemik China, sekaligus salah sesuatu satwa yg paling dilindungi. Untuk melihatnya langsung, wisatawan biasanya harus menyambangi China terutama Chengdu, yg milik pusat konservasi panda.

Namun rupanya, hewan menggemaskan sesuatu ini mampu dilihat segera di Thailand tepatnya Chiang Mai. Kota ini berada di provinsi bernama sama yakni Chiang Mai, yg terletak di wilayah utara Thailand. Tempat buat melihat panda itu adalah Chiang Mai Zoo.

KompasTravel menyambangi kebun binatang ini pada Jumat (23/9/2016) di sela-sela trip media dari Tourism Authority of Thailand (TAT). Kebun binatang ini sangat luas dan berkontur.

Jika tak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat naik bus hop on hop off dari gerbang masuk seperti yg KompasTravel lakukan. Bus kemudian mulai berhenti di dua titik, tepat di depan kandang-kandang satwa. Kandang panda terletak tak jauh dari pintu masuk.

Sekitar lima menit naik bus, kalian telah sampai di kandang panda. Untuk melihat panda, pengunjung dikenakan tarif 100 Baht (sekitar Rp 38.000) per orang. Pengunjung kemudian mulai memasuki bangunan penuh pernak-pernik panda.

Kompas.com/Sri Anindiati Nursastri Panda di Chiang Mai Zoo

Ada pula toko suvenir yg menjual beragam barang berbentuk panda. Tak lama berjalan, tibalah KompasTravel di kandang panda. Ada beberapa ekor panda yg menghuni Chiang Mai Zoo. Satu jantan, dan sesuatu betina.

“Mereka sempat kawin kemudian milik anak. Namun anaknya dikirim kembali ke China,” tutur Jack, pemandu wisata yg bertugas menemani rombongan trip media di Thailand.

Kandang tersebut terbilang luas. Namun, kedua panda tak berada dalam sesuatu kandang. Ada penyekat antara si jantan dan si betina. Sementara si jantan sedang asyik tidur, si betina duduk sambil mengunyah bambu. Dia tampak tak tergubris sedikit pun meskipun wisatawan hilir-mudik di hadapannya.

“Suhu udara di dalam sini juga harus dijaga, agar sesuai dengan habitat panda,” tambah Jack.

Selain panda, Chiang Mai Zoo juga milik dua hewan endemik negara lainnya. Antara yang lain koala (Australia) dan orangutan (Indonesia). Harga tiket masuk Chiang Mai Zoo adalah 150 Baht (sekitar Rp 60.000) bagi dewasa dan 70 Baht (sekitar Rp 27.000) bagi anak-anak di bawah 135 cm.

Untuk naik bus hop on hop off, Anda perlu merogoh kocek 30 Baht (Rp 12.000) bagi dewasa dan 20 Baht (Rp 7.500) buat anak-anak.

***

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam.

Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Gratis Liburan Seru di Yogyakarta, Mau?

Sumber: http://travel.kompas.com